SINBAD

Sistem Informasi Bendungan dan Waduk

Sarasehan Penguatan Komunitas Peduli Sungai di Wilayah Madiun

Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Pembinaan Kemitraan Pemerintah – Perguruan Tinggi – Komunitas Peduli Sungai (KPS) di Wilayah Sungai Bengawan Solo, Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) menyelenggarakan kegiatan sarasehan penguatan kelembagaan KPS yang bekerjasama dengan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta di hotel Aston Madiun, Jawa Timur pada Senin (10/10/2022).

Kegiatan sarasehan tersebut dihadiri oleh Kepala BBWSBS, Maryadi Utama, didampingi Kepala Bidang O & P SDA Bengawan Solo, Sri Wahyu Kusumastuti dan pejabat di lingkungan BBWSBS, serta KPS dan Perguruan Tinggi di wilayah kerja BBWSBS yaitu UAD, UNS, UGM, dan UMS dengan tetap menerapkan prokes pencegahan Covid-19.

Pemberdayaan masyarakat bisa dilakukan oleh banyak elemen seperti pemerintah, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat, pers, partai politik, aktor masyarakat, atau organisasi kemasyarakatan sendiri. Dukungan BBWSBS terhadap KPS yakni dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan pemberdayaan kelembagaan pada tiap tahunnya dan melibatkan akademisi dalam kegiatan penguatan kelembagaan.

Kepala BBWSBS dalam sambutannya turut menyampaikan harapannya semoga kedepannya penguatan KPS Wilayah Madiun dapat dilakukan pendampingan secara optimal.

“Diharapkan melalui kerjasama ini dapat dilakukan pendampingan secara optimal kepada rekan-rekan komunitas dan relawan. Mari bersama-sama bersinergi dalam menjaga dan melestarikan sumber daya air serta lingkungan. Wujudkan “Sungai Bengawan Solo Warisan Budaya Masa Lalu untuk Masa Depan”, yang bersih, lestari dan dapat memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat,” ujarnya.

Peran KPS di Wilayah Sungai Bengawan Solo, baik di bagian hulu, Madiun dan hilir merupakan garda terdepan dalam aksi nyata terhadap kepedulian dan pelestarian sumber air. Oleh karenanya, diperlukan sinergi bersama semua pihak dalam mengkampanyekan gerakan-gerakan tersebut. (BBWSBS/Safira)

Kabar lainnya